Kilasan Sejarah.
Tahun 70an Abah Aos mendapatkan ilham untuk bergerak dalam dunia kependidikan formal. Ilham inspiratif tersebut diterima dari sang isteri, Ibu Rosliani yang pernah menjadi mahasiswi Perguruan Tinggi Dakwah Islam Bandung (sekarang UIN Bandung), dalam istilah Centre Of Education. Abah Aos mengenal pengistilahan tersebut adalah terinspirasi dari sang isteri.
Tahun 90an, Abah Aos menerima (taken for granted) semangat berdirinya Akademi Tasawuf dari guru agung Pangersa Abah Anom. Hingga muncul wacana pembukaan fakultas dakwah di Pesantren Sirnarasa Ciceuri.
Tahun 95 Mts Sirnarasa (Mts Serba Bakti kelas jauh) Berdiri. Tahun 2000 MA Sirnarasa (MA Serba bakti kelas jauh) Berdiri.
Sekitar Tahun 2001, semangat Fakultas Dakwah semakin menguat dengan adanya pembicaraan ringan beberapa pengajar fakultas dakwah IAIN Bandung yang dipromotori oleh Abah Aos, Prof Nanat, dan Kiayi Jujun.
sejak saat itu, semangat Abah Aos untuk mendirikan, bahasa lisan beliau “satu fakultaaass saja di sirnarasa” tetap ada dan semakin terangkat ke permukaan. Tiada tahun yang terlewatkan dari pembicaraan tentang fakultas dakwah dan akademi tasawuf. “harapan abah (Abah Anom) mah miftahussudur itu menjadi bagian dari kurikulum, berisi enam fasal, untuk enam semester” kata Abah. Rupanya akademi tasawuf dalam kemasan Fakultas Dakwah. Subhaanalloh.
Tahun 2013 semangat itu mulai terlihat tidak hanya pembicaraan namun dalam wujud gerak langkah rekrutmen calon mahasiswa dan dosen sebagai bagian vital bagi sebuah lembaga pendidikan. Pada akhirnya 14 November 2013, Prof Nasaruddin Umar menginduksi “kandungan” yang berisi embrio STID Sirnarasa dengan meresmikannya di hadapan jemaah bertepatan dengan kegiatan amaliyah Manakiban.
Kurang dari setahun, pada September Tahun 2014, dengan dibidani oleh Abah Jagat, “sang bayi” STID Sirnarasa terlahir. dan tetap hidup dan akan tetap terus hidup hingga saat ini.

Selamat Ulang Tahun ke-4, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Sirnarasa.

Dan sangat menerima adanya tantangan untuk mau bertransformasi menjadi Akademi Tasawuf dalam bingkai USAMA. Mempersiapkan diri, rekrutmen dosen Tarbiyah, Syari’ah, dan Pertanian, melakukan studi kelayakan, meningkatkan mutu, menyongsong USAMA. Selalu bersama arahan dan bimbingan ahlu silsilah TQN Suryalaya Madrosah Sirnarasa.

SEMANGAT !!!

Terima Kasih..Bapak/Ibu, Ikhwan/akhwat, mahasiswa/mahasiswi (khususnya angkatan pertama). Kita semua, tanpa disebutkan namanya, adalah pelaku sejarah berdirinya Sekolah tinggi Ilmu Dakwah Sirnarasa.