Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

STID Sirnarasa memfasilitasi kegiatan pengabdian melalui kerja sama dengan lembaga-lembaga eksternal dan industri baik daerah dan nasional yang melibatkan mahasiswa. Fasilitas tersebut berupa insentif, sarana prasarana, maupun pendokumentasian hasil-hasil kegiatan pengabdian.

Dalam Monitoring dan evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh komisi yang ditugaskan di tingkat Sekolah Tinggi dan Program Studi. Tata laksana monitoring dan evaluasi diatur dalam pedoman pengabdian kepada masyarakat

Perencanaan strategi pencapaian standar perguruan tinggi dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahapan strategi pencapaian standar perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LPPM dalam rangka mendukung kegiatan PkM melalui jalur akademi, diantaranya Kebebasan akademik yang disesuaikan dengan potensi dan keunggulan di institusi STIDS. Dengan adanya kebebasan akademik dapat memberikan ruang dalam menentukan pokok-pokok materi yang dibutuhkan.

Pelaksanaan strategi pencapaian standar pergruan tinggi dalam PkM dilakukan sesuai SOP yang berlaku, melalui regulasi yang berlaku di institusi STIDS, dimulai dari tahap awal hingga penyelesaian kegiatan PkM ditempat mitra, dengan model yang menarik, seperti:

a. Penyampaian materi dilakukan secara menarik dengan tranpormasi teknologi

b. Desain kegiatan pengabdian dibentuk semenarik mungkin

c. Adanya substansi yang dikembangkan dalam pengabdian

Pelaporan strategi pencapaian standar perguruan tinggi dalam PkM sesuai dengan penjelasan diatas, dengan tujuan adanya pertanggungjawaban dalam PKM.

Agar terbentuknya strategi capaian standar perguruan tinggi, maka pihak LPPM membentuk mekanisme yang dapat mengontrol kegiatan PkM dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan laporan PkM