Kekhasan Kurikulum

Kurikulum di STID Sirnarasa menerapkan kurikulum yang digunakan di Universitas Islam Negeri kemudian di integrasikan dengan muatan Tashowuf dan penguatan pada program keahlian Broadcasting dan Guidance Counseling.

Dengan rincian kompetensi sebagai berikut;

  1. Kompetensi dasar; meliputi mata kuliah yang berkenaan dengan ilmu-ilmu keislaman dasar tentang al-Quran, Hadits, Fiqh, Tauhid, Tasowuf, Filsafat Islam, dan Sejarah Islam. Selain itu ditambah dengan mata kuliah Bahasa Indonesia dan bahasa asing, serta kewarganegaraan.

  2. Kompetensi utamal Pada Prodi KPI meliputi mata perkuliahan yang berkenaan dengan disiplin Ilmu dakwah yang diberi muatan ketashowufan, ilmu komunikasi, termasuk di dalamnya penyiaran dan produksi film dakwah. Ditunjang dengan psikologi, ilmu hukum, sosiologi, serta penelitian dan pengembangan. Pada Prodi BPI meliputi mata kuliah yang berkenaan dengan disiplin ilmu dakwah yang diberi muatan ketashowufan, psikologi, termasuk didalamnya ilmu bimbingan, penyuluhan, konseling, istisyfa atau psikoterapi. Ditunjang dengan ilmu komunikasi, sosiologi, serta penelitian dan pengembangan.

  3. Kompetensi pendukung: Pada Prodi KPI meliputi mata kuliah yang mengarahkkan mahasiswa kepada skill berfikir, bernalar, berdzikir, dan entrepreneurship. Seperti statistika, filsafat, kewirausahaan, dan episternologi dzikrulloh. Pada Prodi BPI meliputi mata kuliah yang mengarahkan mahasiswa kepada skill berfikir, bernalar, dan berdzikir seperi filsafat, statistika, dan epistemologi dzikrulloh.

  4. Kompetensi lainnya; pada Prodi KPI meliputii mata kuliah penunjang wawasan pemikiran Islam, politik dan kedaerahan. Pada Prodi BPI meliputi mata kuliah penunjang wawasan pemikir Islam, politik, kedakwahan, dan psikologi kontenporer.

Bagikan