Dakwah adalah usaha mengubah manusia dari keadaan yang tidak baik menjadi lebih baik dan sempurna. Perwujudan dakwah bukan hanya usaha peningkatan pemahaman keagamaan dan pandangan hidup saja, tetapi menuju pengamalan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan.

Dakwah Islam di era digital tidak bebas dari berbagai kendala dan tantangan yang dihadapinya. Sehingga dakwah Islam akan menghadapi berbagai problem sangat kompleks dan rumit. Dewasa ini, setidaknya tantangan dakwah Islam tersebut berkaitan dengan ekses globalisasi dan kenyataan pluralitas agama. Kemajuan pesat iptek telah mentransformasikan peradaban manusia dari kultur pertanian ke industri kemudian ke abad informasi dan komunikasi.

Kosa kata dan sekaligus senjata yang begitu signifikan dan determinan diera globalisasi saat ini adalah kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, Melalui jaringan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi terus merambah ke segenap penjuru dunia. Sehingga realitas dunia sekarang dengan segala kemajemukan kesenjangan dan ironinya telah menjadi sekat-sekat sosio-kultural bangsa dan mengaburkan batas-batas geografis negara

untuk lanjut membaca silahkan klik disini