Kerusuhan-kerusuhan yang terjadi pada akhir-akhir ini di berbagai daerah di Indonesia, seperti kasus Situbondo (1998), Selain itu yang masih bergejolak sampai saat ini seperti kasus Poso, dan beberapa pemboman di Bali yang menewaskan banyak orang, bukan hanya itu dalam alam kemerdekaan Islam dan Kristen terdapat beberapa ketegangan dari berbagai kasus sebagaimana ditulis pendeta Jan S. Aritonang dalam sejarah perjumpaan Islam dan Kristen din Indonesia (2006).

Islam dan Kristen terlibat dalam perdebatan yang sangat serius dalam perumusan undang-undang Perkawinan, undang-undang pendidikan Nasional 1989 dan 2003, masalah pendirian tempat ibadah dan penyebaran agama serta masalah-masalah lainnya, pada dasarnya merupakan akibat dari konflik antar agama yang berbeda. Masing-masing pihak mengklaim bahwa dirinyalah yang paling benar, sedangkan pihak lain salah

Akibat dari perseteruan tersebut adalah kesengsaraan semua pihak, yang bertikai maupun yang tidak mengetahui apa-apa. Pada dasarnya akibat dari konflik adalah kerugian di berbagai pihak. Rakyat kecil lagi-lagi menjadi korban dan harus menanggung akibat-akibat yang ditimbulkan oleh konflik tersebut.

untuk lanjut membaca silahkan klik disini